6 Cara Membersihkan Dan Merawat Kulit Berwarna Gelap


Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa kulit yang berwarna gelap seperti coklat dan hitam rentan terhadap jerawat. Hal ini berkebalikan dengan warna kulit yang cenderung putih. Tak hanya itu, kulit yang berwarna gelap pula biasanya akrab dengan bintik-bintik coklat pada kulit wajah.


Oleh karena itu, kulit yang berwarna gelap harus dirawat dengan lebih intensif dan hati-hati. Perawatan setiap hari yang baik dan benar akan sangat membantu kita mendapatkan kulit yang bersih dan sehat.

Berikut ini ialah beberapa cara untuk merawat kulit yang berwarna gelap:

1.      Mencuci wajah
Langkah pertama yang bisa kita lakukan ialah mencuci wajah di pagi hari. Mencuci wajah atau membersihkan wajah dengan bahan yang mengandung asam salisilat atau cosmopolitan akan membantu kita membersihkan dan mengangkat sisa-sisa kotoran yang terdapat pada pori-pori.

Selain itu, asam salisilat pula bisa membantu kita menyembuhkan jerawat serta menyingkirkan kotoran dan residu.

Cara mencuci wajah yang baik dan benar ialah dengan cara membasahi wajah, lalu oleskan pembersih untuk wajah. Usapkan pada kulit dengan gerakan memutar atau melingkar, lalu bilas hingga bersih.

2.      Cream
Langkah kedua ialah dengan menggunakan krim yang mengandung asam salisilat. Jika kita mempunyai masalah dengan jerawat, kita bisa mengoleskan krim yang mengandung asam salisilat di seluruh area wajah kita. Lalu tambahkan lagi cream pada bagian-bagian di mana jerawat itu muncul.

Akan tetapi jika kita mempunyai jenis kulit yang sensitif, ada baiknya kita lewati langkah ini dan langsung menuju ke langkah selanjutnya.




3.      Biarkan cream meresap
S Diamkan beberapa saat agar cream meresap ke dalam kulit. Sebelum kita menggunakan pelembab, ada baiknya kita menggunakan pelembab dan mendiamkannya terlebih dahulu beberapa saat. Atau mungkin beberapa menit, hingga krim tersebut meresap dengan baik ke dalam kulit.

Hal ini akan menghindarkan kulit dari pengelupasan dan iritasi. Setelah itu terapkan pelembab untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari yang bisa memunculkan jerawat.

Memilih pelembab yang baik ialah pelembab yang tak mengandung minyak, karena hal tersebut bisa mengakibatkan pori-pori menjadi tersumbat, kita bisa menerapkan pelembab sepanjang hari jika kita membutuhkannya.

4.      Bersihkan wajah selalu setelah beraktivitas
Carilah produk-produk yang aman untuk digunakan oleh kulit yang berwarna gelap. Lalu gunakan untuk membersihkan dan mencuci wajah pada sore atau malam hari atau setelah beraktivitas. Lalu keringkan dan lalu gunakan serum yang bisa memudarkan bintik bintik hitam.

5.      Gunakan Exfoliation Scrub 2 Kali Seminggu
Mencuci wajah pada malam hari bisa menyehatkan kulit. Selain itu, dua kali dalam seminggu kita bisa memanfaatkan scrub untuk pengangkatan sisa sel kulit mati serta untuk mengangkat komedo dan kotoran dari pori pori kulit.

6.      Jauhi produk berbahaya
Jika kita telah menggunakan produk-produk yang mengakibatkan kulit menjadi teriritasi atau alergi sebaiknya kita menghentikan penggunaan produk tersebut. Carilah pertolongan medis dari dokter atau pakar kulit.

Demikian penjelasan mengenai 6 CARA MEMBERSIHKAN DAN MERAWAT KULIT BERWARNA GELAP, semoga bisa bermanfaat.


Baca artikel menarik lainnya: Disini

Comments