Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Sosial


Apakah teks eksplanasi itu? Bagaimana contoh bentuk teks ekspalanasi? Simak penjelasannya dibawah ini:





Teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial. Berikut ialah contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial yang berjudul “Urbanisasi”.





URBANISASI





Akhir-akhir ini jumlah penduduk di kota besar misalnya Jakarta mengalami sejumlah kenaikan yang dapat dibilang signifikan. Kenaikan jumlah penduduk ini disebabkan oleh sebuah fenomena sosial yang terjadi belakangan ini, yakni Urbanisasi. Fenomena sosial inilah yang menyebabkan laju pertumbuhan penduduka yang tidak terbendung, sehingga bisa menyebabkan berbagai macam permasalahan yang timbul di kota besar. Lalu, apakah urbanisasi itu? Dan faktor apa saja yang mendorong fenomena urbanisasi? Berikut ialah penjelasan mengeani urbanisasi.



Urbanisasi merupakan peristiwa perpindahan penduduk dari desa menuju kota. Namun, berbeda dengan perspektif ilmu pengetahuan, urbanisasi dipandang sebagai presentase jumlah penduduk yang tinggal di sebuah daerah perkotaan. Perpindahan penduduk ini dibagi menjadi bebeberapa jenis, yakni migrasi dan mobilitas penduduk. Migrasi merupakan peristiwa perpindahan penduduk dari desa menuju untuk tujuan menetap. Sedangkan, mobilitas penduduk dapat diartikan sebagai perpindahan penduduk dari desa ke kota namun hanya untuk tinggal sementara. Urbanisasi migrasi inilah yang menjadi penyebab utaman melonjaknya jumlah penduduk di daerah perkotaan. Perpindahan penduduk yang sangat massive ini disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor pendorong serta faktor penarik.



Faktor pendorong merupakan penyebab urbanisasi yang berasal dari desa itu sendiri. Faktor tersebut antara lain diantaranya, yang pertama ialah lahan pertanian yang semakin sempit. Menyempitnya lahan pertanian di desa menyebabkan orang-orang di desa tidak bisa lagi berkerja sehingga mengharuskan mereuka untuk mencari perkerjaan lain di luar desa. Yang kedua ialah terbatasnya sarana dan prasarana di desa. Ketiadaan sarana dan prasarana ini menyebabkan masyarakat desa merasa kesulitan dalam berbagai hal, akhirnya mereka merasa perlu mencari tempat yang memiliki saran dan prasarana lengkap, yakni di daerah perkotaan. Dan yang terakhir ialah ketidak cocokan dengan budaya tempat asal. Masyarakat desa yang tidak cocok dengan budaya asal mereka terpaksa mesti ke luar dari desa tersebut agar mereka bisa hidup lebih nyaman.



Selain faktor pendorong ada pula faktor penarik. Faktor ini merupakan penyebab urbanisasi yang berasal dari kota. Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor penarik, yakni yang pertama ialah banyaknya lapangan pekerjaan di kota. Orang-orang yang pindah dari desa tujuan utamanya ialah mencari perkerjaan. Dengan begitu, kota ialah tempat yang paling tepat karena di sana tersedia banyak lapangan perkerjaan. Lalu, pandangan akan kehidupan kota yang lebih modern. Masyarakat desa yang bosan dengan kehidupan serba sederhana di desa akan beralih ke kota karena di sanalah kehidupan lebih modern dan juga ditunjang dengan fasilitas yang lebih lengkap.



Berdasarkan penjabaran di atas, bisa kita simpulkan bahwa melonjaknya jumlah penduduk di perkotaan disebabkan oleh faktor pendorong dan faktor penarik. Sebenarnya, urbanisasi ini adalah sebuah fenomena sosial yang positif apabila masyarakat yang pindah ke kota mempunyai skill atau kemampuan khusus. Sebaliknay, bila tidak mempunyai skill dan kemampuan, urbanisasi hanya akan menyebabkan masalah sosial di perkotaan.



Keterangan :

-          Paragraf 1 merupakan bagian pernyataan umum

-          Paragraf 2-4 merupakan bagian dereran penjelas

-          Paragraf 5 merupakan bagian penutup



Demikian penjelasan dalam artikel ini. Semoga dapat bermanfaat.

Comments